Sabtu, 28 Desember 2013

Jembatan Cirahong Ambruk Hanya HOAX


Jembatan Cirahong Ambruk Hanya HOAX

Hai good pagi, ada SMS ada BBM kalau jembatan cirahong ambruk, namun ternyata itu hanya HOAX saja, nah mungkin sobat bertanya-tanya memang dimana jembatan cirahong itu? baik saya ingin berbagi sekilas tentang jembatan cirahong.





Nah jembatan cirahong itu tempatnya berada diperbatasan kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis, jembatan cirahong terbuat dari kontruksi baja dan sangat kokoh. Jembatan cirahong ini memiliki panjang 202 meter dan merupakan jembatan yang unik. Yang uniknya dari jembatan cirahong ini adalah memiliki 2 fungsi untuk penyebrangan kereta api diatas dan dibawahnya untuk kendaraan roda empat,roda dua dan pejalan kaki. Dan untuk melaluinya harus satu arah bergantian karena lebar jembatan cirahong hanya 2 meter. Jembatan cirahong sangat kokoh dengan disangga dengan 2 buah beton setinggi 46 meter.



Coba tebak berapa usia jembatan cirahong ini??? ya jembatan cirahong ini sudah diatas berumur 100 tahun, wow jembatan cirahong ini dibangun pada tahun 1893-1894. Menurut warga bangunan-bangunan peninggalan Belanda dijamin kokoh dan kuat. Buktinya sampai sekarang jembatan cirahong digunakan sebagai alternatif Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. Jadi kecil kemungkinan jembatan cirahong ambruk.



Sekali lewat bisa memberi sumbangan sukarela untuk juru parkir di pintu masuk jembatan cirahong dan jangan lupa baca Bismillah ya sobat sebelum menyeberang, dan disekitar jembatan cirahong ada saung tempat  makan dengan menu makanan dari ayam goreng sampai ikan bakar dll.

3 komentar:

  1. jembatan cirahong sungguh menabjubkan, peninggalan bangunan belanda dengan usia lebih dari 100 tahun namun tetap kokoh melayani pengguna kendaraa untuk menyeberang dari Tasik ke Ciamis dan sebaliknya.

    BalasHapus
  2. Bukan hanya jembatan saja, bangunan atau gedung buatan Belanda itu kuat-kuat, tahan puluhan atau ratusan tahun. mungkin perencanaan mereka sampai sejauh itu, juga itung-itungannya pas sesuai dengan ilmu pasti bangunan, tidak mengandalkan ilmu kira-kira.....he he he,nhn.

    BalasHapus
  3. Di buatnya thn 1290,di situ ada tulisannya. Bukan 1893-1894 boss

    BalasHapus